Jerawat di Punggung – Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Jerawat di punggung sama dengan jerawat di wajah, penyebabnya juga sama. Tetapi yang membedakan jerawat ini dengan yang biasa ada di wajah adalah pemakaian baju yang rangkap-rangkap sehingga produksi keringat di punggung meningkat dan sirkulasi udara kurang karena tertutup oleh baju yang bertumpuk tersebut. Kejadian ini akan semakin meningkatkan produksi minyak apabila anda berada di tempat yang panas. Hal ini biasanya terjadi pada musim kemarau ketika semua orang menghindari terik sinar matahari dengan menutup semua bagian tubuhnya. Hal ini akan sangat nyaman jika dilakukan pada ruangan ber-AC, namun jika anda beraktifitas di luar ruangan, sebaiknya hindari pemakaian pakaian terlalu berlebihan.

Keringat menjadi lahan yang subur bagi kuman dan bakteri karena jika terlalu sering berada di tempat lembab akan menimbulkan jerawat, apalagi jika ditambah dengan mengenakan pakaian warna hitam. Di sinilah perbedaan jerawat yang berada di wajah dengan yang berada di punggung karena wajah sering mengalami jerawat karena terletak di tempat terbuka sedangkan punggung sering terkena jerawat karena berada di tempat tertutup dan lembab. Jerawat yang berada di daerah tertutup ini juga tidak sama persis dengan jerawat di bagian wajah karena jerawat yang ada di punggung berbentuk binti-bintik kecil.

Jerawat di punggung memang tidak jelas terlihat di khalayak umum, tetapi jika menyebabkan hilangnya kepercayaan diri anda apabila jika ingin berpakaian sedikit terbuka. Cara mencegahnya pun berbeda dengan pencegahan jerawat pada wajah, yaitu anda harus membuka pakaian anda sesaat setelah anda tiba di rumah sehingga punggung anda mendapat udara dan keringat akan menghilang, hindari menggunakan pakaian ketat karena hanya akan menghambat sirkulasi udara di punggung anda, gunakan pakaian dengan bahan yang menyerap keringat dengan baik, misalnya katun dan lain sebagainya, serta segera ganti pakaian anda jika basah.

Jika jerawat tetap datang walaupun anda sudah berusaha mencegahnya, maka anda harus mengubah kebiasaan mandi menggunakan sabun kecantikan menjadi sabun antiseptic jika aktifitas anda sebagian besar di luar ruangan. Selain itu, anda harus rajin menggunakan scrub agar jerawat atau sel-sel kulit mati yang ada di punggung anda segera terangkat. Anda bisa melakukan scrub ini di klinik kecantikan yang terpercaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Scrubbing merupakan cara yang optimal untuk melunturkan jerawat yang tidak terlihat tetapi anda harus tahu bahwa proses scrubbing harus dilakukan jika jerawat anda masih dalam bentuk kecil karena jika masih kecil hanya berupa sel-sel kulit mati.

Jerawat di punggung yang sudah berupa jerawat besar sebaiknya tidak melakukan scrub karena malah akan mengakibatkan infeksi yang juga akan menambah besar serta parah. Selain scrub, anda juga tidak diperkenankan memencet jerawat pada wilayah ini karena juga mengakibatkan jerawat anda berada pada tingkat bernanah yang berbahaya bagi kesehatan kulit. Sebaiknya anda segera konsultasikan masalah anda pada klinik kecantikan yang berkualitas sehingga bekas jerawat juga bisa dihilangkan.

Saat yang tepat untuk pergi ke dokter atau klinik kecantikan adalah ketika anda melihat jerawat anda sudah berubah menjadi bintil-bintil bernanah. Selain mengeluarkan nanah, jerawat yang sudah parah biasanya terasa gatal bahkan terasa linu dan sakit. Anda harus segera memeriksakannya karena perawatan biasa saja tidak cukup. Untuk membantu pemulihan, sebaiknya makanan anda juga harus menunjang, seperti mambatasi konsumsi telur, cokelat, susu, dan lain sebagainya.

Posted in Perawatan Tubuh Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*